BACAAN GHORIB dan MUSYKILAT

BACAAN GHORIB & MUSYKILAT (Badal / Ibdal)

 

  BADAL / IBDAL 

Pengertian‘Ibdal

Menurut Syekh Musthofa Al Ghulayain الإبدال  adalah

الإِبدَالُ إِزَالَةُ حَرفٍ, وَوَضَعَ آخَر مَكَانَهُ.

‘Ibdal adalah menghilangkan satu huruf dan meletakkan huruf lain di tempatnya.

Menurut Syaikh Fuad Nikmah  الإبدال   adalah

الإبدال هو أًن يَحِلَّ حَرفُ مَحَلَّ حَرفٍ آخر فِي كَلِمَةٍ

‘Ibdal adalah suatu huruf yang menduduki tempat huruf lain dalam kata.

Bentuk-bentuk ‘ibdal

  1. Mengganti huruf waw dan ya’ dengan huruf hamzah, terdapat dalam keadaan berikut :
    1. Jika kedua huruf tersebut terletak di ujung kata dan setelah alif zaidah.

Contoh       :  دُعَاءٌ    dan  بَنَاءٌ

دَعَا-يَدعُو-دُعَاوٌ

بَنَى-يَبنِي-بَنَايٌ

Apabila ditambahkan ha’ ta’nits untuk membedakan perempuan dan laik-laki, maka harus tetap diganti hamzah.

Contoh :

بَنَّاءَةٌ و مَشَّاءَةٌ

dengan penambahan tasydid dikarenakan mengikuti wazn shighah mubalaghah.

Contoh lainnya adalah

   حَمرَاءٌ   aslinya حَمرَى (سَكرَى)

Dengan menambahkan alif zaidah sebelum akhir, seperti penambahan pada كِتَابٌ dan غُلَامٌ , kemudian mengganti ى   menjadi hamzah, untuk memudahkan pengucapan dikarenakan bertemunya dua sukun.

Beberapa pengecualian dalam hal ini :

1) Jika ketika waw atau ya’ terletak setelah alif yang bukan zaidah, maka tidak diganti.

Contoh : آيَةٌ وَ رَاوِيَّةٌ

  • Apabila tidak berat dalam pengucapan

Contoh : تَعَاوَنَ  dan   تَبَايَنَ

2) Jika huruf waw dan ya’ terletak di ‘ain ism fa’il dan keduanya dii’lalkan ketika fi’l

Contoh : قَائِلٌ   dan  بَائِعٌ

قَالَ (قَوَلَ) – قَاوِلٌ-  قَائِلٌ             بَاعَ (بَيَعَ) – بَايِعٌ- بَائِعٌ

Kecuali

ketika huruf waw dan ya’ tidak dii’lalkan ketika di fi’l.

Contoh : عَوِرَ dan  عَيِنَ

3) Huruf mad zaidah diganti hamzah apabila terletak pada posisi ketiga dalam waznمَفَاعِلٌ di dalam ism shohih akhir.

Contoh :   قِلَادَةٌ – قَلَائِدٌ

صَحِيفَةٌ – صَحَائِفٌ

عَجُوزٌ – عَجَائِزٌ

Kecuali

yaitu jika waw/ya’ bukanlah huruf tambahan, maka tidak diganti hamzah

Contoh : قَسوَرَةٌ – قَسَاوِرٌ

مَفَازَةٌ  – مَفَاوِزٌ(فَازَ)

  • Kecuali jika memang sudah menjadi hal yang sering didengar maupun dihafal, seperti مَنَائِرٌ/ مَنَاوِرٌ مَصَائِبٌ/مَصَاوِبٌ

Apabila di’i’ilalkan lam fi’lnya pada bentuk ini, maka jamaknya dibentuk berdasarkan wazn   فُعالى   (menurut pendapat ahli nahwu kufi)

Contoh :

قَضِيَّةٌ – قَضَايَا

هِرَاوَةُ – هِرَاوَى

Dan wazn فَعَائِلٌ  atas pendapat ahli nahwu Bahsra

Contoh :

خَطِيئَةٌ – خَطَايِئٌ –  خَطَايَا

4) Apabila huruf alif terdapat di tengah dua waw/ya’ yang berada dalam wazn مَفَاعِلٌ  dan terdapat pada ism shohih akhir. Maka huruf waw/ya’ yang kedua diganti dengan

Contoh : أَوَائِلٌ  asalnya adalah أَوَاوِلٌ

سَيَائِدٌ  asalnya adalah سَيَاوِدٌ

Kecuali

Jika wazn  مَفَائِيلٌ, maka huruf waw/ya’ tidak boleh diganti hamzah Contoh : طَاوُوسٌ – طَوَاوِيسٌ

Apabila  lam fi’lnya dii’lalkan, maka jamaknya atas wazn 

Contoh : زَاوِيَّةٌ – زَوَايَا           رَوِيَّةٌ – رَوَايَا

Asli dari kata زَوَايَا  dan semisalnya adalah زَوَايِيٌ   atas wazn  فَوَاعِلٌ . Dengan ya’ pertama berharakat kasrah. Kemudian harakat kasrahnya diganti menjadi fathah, dan ya’ yang kedua diganti alif karena huruf sebelumnya berharakat fathah.

5) Jika huruf waw berharokat dhammah terletak setelah huruf yang berharakat sukun atau dhammah, maka boleh di ganti dengan hamzah dan boleh tetap.

Contoh : أَدؤُرٌ   asalnya  أَدوُرٌ

 حُؤُولٌ     asalnya  حُوُولٌ

Keduanya boleh digunakan, tetapi yang pertama adalah yang paling afsah.

6) Apabila dalam sebuah kata diawali dengan dua huruf waw(واو), maka واو yang pertama diganti dengan hamzah, selama واو   yang kedua bukan pengganti dari الف المَفَاعَلَةَ.

Contoh : أُوَاصِلٌ   aslinya  وُوَاصِلٌ        وُوَلٌ  aslinya  أُوَلٌ

أُوَيعِدٌ  aslinya   وُوَيعِدٌ

  1. Apabila yang  واو  kedua adalah  pengganti dari الف المَفَاعَلَةَ. Maka tidak wajib diganti hamzah, tapi diperbolehkan.

Contoh : bentuk majhul dari وَارَى  , boleh dibaca وُرِيَ

Dan boleh dibaca أٌورِيَ

  1. Apabila fa’ fi’l dalam wazn إِفتَعَلَ adalah waw/ya’ maka keduanya diganti dengan ta’. Begitu juga dalam wazn إِفتِعَالٌ

Contoh : إِتَّصَلَ    aslinya  إِوتَصَلَ

  إِتَّسَرَ   aslinya   إِيتَسَرَ

Dengan syarat bahwa waw/ya’ disini bukanlah pengganti dari hamzah.

Contoh : إِيتَمَرَ     aslinya  إِئتَمَرَ

Sebagian Ahli Nahwu (yang beraliran Baghdad) membolehkan pergantiannya menjadi hamzah. Contoh:

إِتَّكَلَ – إِئتَكَلَ – أَكَلَ

إِتَّزَرَ – إِيتَزَرَ – إِزَارَ

  1. Apabila fa’ fi’l dalam wazn إِفتَعَلَ adalah 
  • ث  = maka ta’ dalam wazn إِفتَعَلَ  diganti menjadi ث, yang kemudian keduanya diidgham

Contoh :   إِثَّأَرَ  –  إِثتَأَرَ

  • د, ذ, dan ز  = maka ta’ dalam wazn إِفتَعَلَ diganti menjadi د.

Contoh : إِدَّعَى  –  إِدتَعَى –            دَعَا

إِذدَكَرَ  –  إِذتَكَرَ –                   ذَكَرَ

إِزدَهَمَ  –  إِزتَهَمَ –                    زَهَمَ

  • ص, ض, ط, ظ  = makata’dalam wazn إِفتَعَلَ diganti menjadi ط

Contoh :  إِصطَحَبَ –                            إِصتَحَبَ – صَحِبَ

إِضطَرَبَ – إِضتَرَبَ – ضَرَبَ

إِطَّلَعَ – إِطتَلَعَ – طَلَعَ

إظطَلَمَ – إِظتَلَمَ – ظَلَمَ

  • Diperbolehkan setelah pergantian د  dan ط   diidghamkan menjadi huruf yang sejenis seperti huruf sebelumnya.

Contoh :   إِذَّكَرَ  ,  إِظَّلَمَ

4. Apabila dalam wazn تَفَاعَلَتَفَعَّلَ, dan تَفَعلَلَ fa’ fi’lnya adalah ث, ذ, د, ز, ص, ض, ط, ظ, maka ta’ dalam wazn تَفَاعَلَتَفَعَّلَ, dan تَفَعلَلَ boleh diganti menjadi huruf yang sejenis dengan huruf setelahnya.

Contoh :

  • اثَّاقَلَ – تَثَاقَلَ
  • اذَّكَرَ – تَذَكَّرَ
  • ادَّثَّرَ – تَدَثَّرَ
  • ازَّيَّنَ – تَزَيَّنَ
  • اصَّبَّرَ – تَصَبَّرَ
  • اضَّرَّعَ – تَضَرَّعَ
  • اطَّرَّبَ – تَطَرَّبَ
  • اظَّلَّمّ – تَظَلَّمَ

Note: Hal ini dapat terjadi pada huruf selain huruf-huruf diatas.

1. Penggantian Hamzah dengan Ya’

Badal/ibdal yang dimaksud di sini adalah إبدال الهمزة الساكنة بالياء  (mengganti hamzah sukun dengan ya’. Semua imam qira’at sepakat mengganti hamzah qatha’ bila tidak disambung dengan kata sebelumnya yang jatuh setelah hamzah washal dengan ya’ sukun, seperti  لقاءنا ائت  (QS.Yunus:15)     في السموات ائتوني  (QS al-Ahqaf:4). Di

2. Penggantian Shad dengan Siin

Yakni mengganti shad dengan siin pada kata يبصط (QS.al-Baqarah:245) dan بصطة (QS. al-A’raf:69) untuk selain bacaan Nafi’, al-Bazzi, Ibnu Dzakwan, Syu’bah, Ali Kisa’i, Abu Ja’far dan Khalad. (Al-Qadli, 1981:119) sedangkan pada بمصيطر  (QS. al-Ghasyiyah:22) Imam Ashim membaca sebagaimana tulisan mushaf, lain halnya dengan المصيطرون (QS. al-Thur:37) kata ini bisa dibaca dengan mengganti shad dengan siin atau dibaca tetap sebagaimana tulisannya. Alasan digantinya shad dengan siin pada semua kalimat di atas yaitu mengembalikan pada asal katanya, yaitu  بسط – يبسط ، سيطر – يسيطر. Sedangkan alasan ditetapkannya shad yaitu mengikuti rasm/khat Usmani al-Qur’an dan juga untuk menyesuaikan sifat ithbaq dengan huruf sesudahnya (tha’) yang mempunyai sifat isti’la’.

Selamat membaca semoga bermanfaat

BACAAN GHARIB & MUSYKILAT (Iltiqa' Sakinain VS Naql)

      Iltiqa’ Sakinain   VS   Naql ( النَّقْلُ ) Naql berasal dari akar kata ( نَقَلَ ) yang artinya memindah. Sedangkan menurut istil...