HAMZAH WASHOL
Hamzah
washal adalah hamzah yang tetap bila berada di awal dan gugur bila berada di
tengah. Maksudnya adalah hamzah washal dibaca bila di awal bacaan dan tidak
dibaca bila di tengah bacaan. Hamzah washal selalu berada di awal kata dan
bentuknya seperti alif.
Hamzah washal
berada pada:
1. Hamzah pada
fi’il amar dari fi’il tsulatsi
Contoh:
اكْتُبْ – افْتَحْ – اجْلِسْ
2.Hamzah pada
“Al” tambahan pada awal isim
الرَّجُلُ – الضَّرْبُ – الْكِتَابُ
3.Hamzah pada
fi’il madhi dan fi’il amar khumasi dan sudasi serta mashdarnya Contoh:
انْطَلَقَ – انْطَلِقْ – انْطَلَاقًا
اسْتَخْرَجَ ، اسْتَخْرِجْ – اسْتِخْرَاجًا
4.Isim asyrah,
yaitu:
اسْمٌ – ابْنٌ – ابْنَةٌ – اثْنَانِ – اثْنَتَانِ – امْرَأَةٌ –
امْرُؤٌ – ابْنَانِ – امْرَأَتَانِ – امْرَئَانِ
Cara membaca
hamzah washal ada 4 macam dalam dua keadaan:
Apabila ada
hamzah washal berada di awal kalimat atau bacaan maka ada 3 cara baca:
1.
Dhammah
Yaitu hamzah
washal yang terdapat pada fi’il dan huruf ketiga dari fi’il tersebut berharakat
dhammah. Contoh:
اُدْخُلُوْا – اُخْرُخْ – اُنْصُرْ
2.
Fathah
Yaitu hamzah
washal pada isim yang diawali alif lam ta’rif contoh:
اَلْبَقَرَةُ – اَلنَّاسُ – اَلْعِلْمُ
3.
Kasrah
Hamzah washal
yang terdapat pada fi’il dan huruf ketiga dari fi’il tersebut berharakat fathah
atau kasrah. Contoh:
اِضْرِبْ – اِفْتَحْ – اِجْتَمَعَ
Hamzah washal
yang terdapat pada isim-isim musytaq. Contoh:
اِسْتِغْفَارٌ –
اِجْتِمَاعٌ – اِسْتِخْرَاجٌ
Hamzah washal
yang terdapat pada isim-isim jamid. Contoh:
ابْنٌ – ابْنَةٌ – اثْـــنَانِ – اثْـــنَـــتَانِ –
امْـرَأةٌ – امْـرِئٌ – اسْــمٌ
- Ditengah kalimat/bacaan
Apabila ada
hamzah washal berada tengah kalimat atau bacaan maka cara bacanya seperti
halnya alif namun tidak menjadikannya bacaan mad.
Contoh:
وَامْـرَأتُهُ – مِنَ الْمَلَائِكَةِ
– فَانْصُرْ
Apabila
hamzah washal terletak setelah alif lam maka hamzahnya tetap berharakat.
Contoh: اَلْاِسْمُ – اَلْاِسْتِغْفَارُ –
اَلْاِجْتِمَاعُ
Cara
Membaca Hamzah Washal
Lalu bagaimana cara membaca hamzah washal? Sebelum saya menjelaskan
jawabannya, silakan bait-bait di bawah ini yang dikutip
﴿بابُ
هَمْزِ الْوَصْلِ﴾
dari kitab Muqaddimah Al Jazariyah
وَابْدَأْ بِهَمْزِ الْوَصْلِ مِنْ فِعْلٍ بِضَمْ إنْ كَانَ ثَالِثٌ مِنَ الفِعْلِ
يُضَمْ
وَاكْسِرْهُ حَالَ الْكَسْرِ وَالْفَتْحِ وَفِي لاسْـمَاءِ غَيْرَ اللاَّمِ
كَسْرُهَا وَفِي
ابْنٍ مَـــعَ ابْنَـــةِ
امْـــــرِئٍ وَاثْـــنَيْنِ وَامْـــرَأةٍ وَاسْــــــمٍ
مَــــعَ اثْـــنَــــتَيْنِ
Terjemahnya:
Mulailah hamzah washal dengan harakat dhammah pada fi’il yang huruf
ketiganya berharakat dhammah. Dan kasrahkanlah hamzah washal:
– Apabila ketika huruf ketiganya
kasrah dan fathah
– Pada isim-isim selain yang
diawali alif lam juga
– Isim-isim tertentu yakni:
ابْنٍ – ابْنَةٍ – امْـــــرِئٍ – اثْـــنَيْنِ
– امـرَأةٍ – اسْــمٍ – اثْـــنَــــتَيْنِ
berdasarkan bait di atas maka didapati bahwa cara membaca hamzah
washal ada 4 macam dalam dua keadaan:
- di awal kalimat/bacaan
Apabila
ada hamzah washal berada di awal kalimat atau bacaan maka ada 3 cara baca:
1.
Dhammah
Yaitu hamzah
washal yang terdapat pada fi’il dan huruf ketiga dari fi’il tersebut berharakat
dhammah. Contoh:
اُدْخُلُوْا – اُخْرُخْ – اُنْصُرْ
2.
Fathah
Yaitu hamzah washal pada isim yang diawali alif lam ta’rif contoh:
اَلْبَقَرَةُ – اَلنَّاسُ – اَلْعِلْمُ
3.
Kasrah
Hamzah washal yang terdapat pada fi’il dan huruf ketiga dari fi’il
tersebut berharakat fathah atau kasrah. Contoh:
اِضْرِبْ – اِفْتَحْ – اِجْتَمَعَ
Hamzah washal yang terdapat pada isim-isim musytaq. Contoh:
اِسْتِغْفَارٌ – اِجْتِمَاعٌ –
اِسْتِخْرَاجٌ
Hamzah washal yang terdapat pada isim-isim jamid. Contoh:
ابْنٌ – ابْنَةٌ – اثْـــنَانِ
– اثْـــنَـــتَانِ – امْـرَأةٌ – امْـرِئٌ – اسْــمٌ
- Ditengah kalimat/bacaan
Apabila ada hamzah washal berada
tengah kalimat atau bacaan maka cara bacanya seperti halnya alif namun tidak
menjadikannya bacaan mad. Contoh: وَامْـرَأتُهُ
– مِنَ الْمَلَائِكَةِ – فَانْصُرْ Apabila hamzah washal terletak setelah alif lam maka hamzahnya
tetap berharakat. Contoh : اَلْاِسْمُ – اَلْاِسْتِغْفَارُ –
اَلْاِجْتِمَاعُ
Kaidah no. 1 dikecualikan pada kata
(بِئْسَ الْاِسْمُ) pada Al-Hujurat: 11. Pada kata tersebut berlaku naql dalam bacaan
riwayat Hafsh. Naql adalah memindahkan harakat hamzah kepada huruf sebelumnya.
Maka pada kata tersebut cara bacanya “bi’sa lismu” bukan “bi’sal
ismu”. Berikut ayatnya:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَومٌ مِّن قَوْمٍ
عَسَى أَن يَكُونُوا خَيْراً مِّنْهُمْ وَلَا نِسَاء مِّن نِّسَاء عَسَى أَن
يَكُنَّ خَيْراً مِّنْهُنَّ وَلَا تَلْمِزُوا أَنفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا
بِالْأَلْقَابِ بِئْسَ الاِسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ وَمَن لَّمْ يَتُبْ
فَأُوْلَئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ١١Khusus kata (ائْتُوْنِيْ) pada Al-Alqaf: 4 ketika washal dibaca seperti
pada tulisannya. Adapun apabila memulai bacaan dari kata tersebut maka
menjadi (اِيْتُوْنِيْ).
Berikut ayatnya:
قُلْ أَرَأَيْتُم مَّا تَدْعُونَ مِن دُونِ اللَّهِ أَرُونِي مَاذَا
خَلَقُوا مِنَ الْأَرْضِ أَمْ لَهُمْ شِرْكٌ فِي السَّمَاوَاتِ ائْتُوْنِيْ
بِكِتَابٍ مِّن قَبْلِ هَذَا أَوْ أَثَارَةٍ مِّنْ عِلْمٍ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ-
Kaidah
hamzah washal
1. Terdapat di awal beberapa isim yang telah disebutkan di atas,
contohnya: ibnun, ibnatun, imra-atun, dllnya.
2. Terdapat diawal fi’il amr (fi’il madhinya terdiri dari tiga
huruf) contoh:
اُكْتُبْ = uktub = tulislah!
اِسْمَعْ
= isma’ = dengarlah!
اُدْرُسْ = udrus = belajarlah!
3.
Terdapat di awal fi’il madhi yang terdiri dari lima huruf, contoh:
اِحْتَرَمَ = ihtarama = menghormati ; memuliakan
; menghargai
اِنْطَلَقَ = inthalaqa
= pergi; berangkat
4.
Terdapat di awal fi’il madhi yang terdiri dari enam huruf, contoh:
اِسْتَخْدَمَ = istakhdama = mempekerjakan
اِسْتَسْلَمَ = istaslama
= menyerah.
5. Terdapat
di awal huruf (Alif Lam) ta’rif, yaitu al (ال ) Cara membaca hamzah washal pada
kata ائۡتُونِی [Surat Al-Ahqaf: 4]
Karena kata tersebut masuk jenis fiil maka lihat harakat huruf ke tiganya. Asal katanya ائْتِيُوْنِيي
Karena berat disebabkan adanya huruf illah maka mengalami
penghilangan huruf ya' dan pengalihan harakat ya' ke huruf ta' , maka
menjadi ائْتُوْنِي
Hamzah washalnya diharakati kasrah karena huruf ketiga asalnya
berharakat kasrah. اِئْتُوْنِي
Selanjutnya mengalami ibdal menjadi mad badal sehingga dibaca اِيْتُوْنِي
1. Wazannya tsulatsi mujarrod naqish
فَعَلَ يَفْعِلُ أَتَى يَأْتِي
إِتْيَانًا
Fi'il amrnya اِئْتِ
Untuk dhamir antum menjadi
اِئْتُو sedangkan akhiran نِي maf'ul bih dhomir أَنَا berupa ya' mutakallim menggunakan tambahan
nun wiqayah, inilah yang disebut nun wiqayah sebenarnya, sedangkan pembahasan
nun wiqayah misalnya pada kata يَوْمَئِذٍ
الْمَسَاقُ sejatinya bukan nun
wiqayah tapi nun tanwin sehingga menurut beberapa
pengajar tahsin lebih cocok nya disebut iltiqous sakinain.
2. kata yang sama ada di surat
Fusshilat ayat 11 ائْتِيَا
Fiil Amar dengan dhomir أَنْتُمَا