BACAAN GHORIB dan MUSYKILAT

BACAAN GHORIB & MUSYKILAT ( Hamzah Washol )

 

HAMZAH WASHOL

Hamzah washal adalah hamzah yang tetap bila berada di awal dan gugur bila berada di tengah. Maksudnya adalah hamzah washal dibaca bila di awal bacaan dan tidak dibaca bila di tengah bacaan. Hamzah washal selalu berada di awal kata dan bentuknya seperti alif.

Hamzah washal berada pada:

1. Hamzah pada fi’il amar dari fi’il tsulatsi

Contoh:

اكْتُبْ – افْتَحْ – اجْلِسْ

2.Hamzah pada “Al” tambahan pada awal isim

الرَّجُلُ – الضَّرْبُ – الْكِتَابُ

3.Hamzah pada fi’il madhi dan fi’il amar khumasi dan sudasi serta mashdarnya  Contoh:

انْطَلَقَ – انْطَلِقْ – انْطَلَاقًا

 اسْتَخْرَجَ ، اسْتَخْرِجْ – اسْتِخْرَاجًا

4.Isim asyrah, yaitu:

اسْمٌ – ابْنٌ – ابْنَةٌ – اثْنَانِ – اثْنَتَانِ – امْرَأَةٌ – امْرُؤٌ – ابْنَانِ – امْرَأَتَانِ – امْرَئَانِ

Cara membaca hamzah washal ada 4 macam dalam dua keadaan:

Apabila ada hamzah washal berada di awal kalimat atau bacaan maka ada 3 cara baca:

1.     Dhammah

Yaitu hamzah washal yang terdapat pada fi’il dan huruf ketiga dari fi’il tersebut berharakat dhammah. Contoh:

 

اُدْخُلُوْا – اُخْرُخْ – اُنْصُرْ

2.     Fathah

Yaitu hamzah washal pada isim yang diawali alif lam ta’rif contoh:

اَلْبَقَرَةُ – اَلنَّاسُ – اَلْعِلْمُ

3.     Kasrah

Hamzah washal yang terdapat pada fi’il dan huruf ketiga dari fi’il tersebut berharakat fathah atau kasrah. Contoh:

اِضْرِبْ – اِفْتَحْ – اِجْتَمَعَ

Hamzah washal yang terdapat pada isim-isim musytaq. Contoh:

اِسْتِغْفَارٌ – اِجْتِمَاعٌ – اِسْتِخْرَاجٌ

Hamzah washal yang terdapat pada isim-isim jamid. Contoh:

ابْنٌ – ابْنَةٌ  – اثْـــنَانِ – اثْـــنَـــتَانِ – امْـرَأةٌ – امْـرِئٌ – اسْــمٌ

  1. Ditengah kalimat/bacaan

Apabila ada hamzah washal berada tengah kalimat atau bacaan maka cara bacanya seperti halnya alif namun tidak menjadikannya bacaan mad. Contoh:

وَامْـرَأتُهُ – مِنَ الْمَلَائِكَةِ – فَانْصُرْ    

Apabila hamzah washal terletak setelah alif lam maka hamzahnya tetap berharakat. Contoh:    اَلْاِسْمُ – اَلْاِسْتِغْفَارُ – اَلْاِجْتِمَاعُ

Cara Membaca Hamzah Washal

Lalu bagaimana cara membaca hamzah washal? Sebelum saya menjelaskan jawabannya, silakan bait-bait di bawah ini yang dikutip

﴿بابُ هَمْزِ الْوَصْلِ﴾     dari kitab Muqaddimah Al Jazariyah

 

وَابْدَأْ بِهَمْزِ الْوَصْلِ مِنْ فِعْلٍ بِضَمْ            إنْ كَانَ ثَالِثٌ مِنَ الفِعْلِ يُضَمْ

وَاكْسِرْهُ حَالَ الْكَسْرِ وَالْفَتْحِ وَفِي            لاسْـمَاءِ غَيْرَ اللاَّمِ كَسْرُهَا وَفِي

ابْنٍ  مَـــعَ  ابْنَـــةِ  امْـــــرِئٍ  وَاثْـــنَيْنِ              وَامْـــرَأةٍ  وَاسْــــــمٍ  مَــــعَ  اثْـــنَــــتَيْنِ

Terjemahnya:

Mulailah hamzah washal dengan harakat dhammah pada fi’il yang huruf ketiganya berharakat dhammah. Dan kasrahkanlah hamzah washal:

–      Apabila ketika huruf ketiganya kasrah dan fathah

–      Pada isim-isim selain yang diawali alif lam juga

–      Isim-isim tertentu yakni:

 

ابْنٍ – ابْنَةٍ – امْـــــرِئٍ – اثْـــنَيْنِ – امـرَأةٍ – اسْــمٍ – اثْـــنَــــتَيْنِ

 

berdasarkan bait di atas maka didapati bahwa cara membaca hamzah washal ada 4 macam dalam dua keadaan:

  1. di awal kalimat/bacaan

Apabila ada hamzah washal berada di awal kalimat atau bacaan maka ada 3 cara baca:

1.     Dhammah

Yaitu hamzah washal yang terdapat pada fi’il dan huruf ketiga dari fi’il tersebut berharakat dhammah. Contoh:

اُدْخُلُوْا – اُخْرُخْ – اُنْصُرْ

2.     Fathah

Yaitu hamzah washal pada isim yang diawali alif lam ta’rif contoh:

 

اَلْبَقَرَةُ – اَلنَّاسُ – اَلْعِلْمُ

3.     Kasrah

Hamzah washal yang terdapat pada fi’il dan huruf ketiga dari fi’il tersebut berharakat fathah atau kasrah. Contoh:

اِضْرِبْ – اِفْتَحْ – اِجْتَمَعَ

Hamzah washal yang terdapat pada isim-isim musytaq. Contoh:

اِسْتِغْفَارٌ – اِجْتِمَاعٌ – اِسْتِخْرَاجٌ

Hamzah washal yang terdapat pada isim-isim jamid. Contoh:

ابْنٌ – ابْنَةٌ  – اثْـــنَانِ – اثْـــنَـــتَانِ – امْـرَأةٌ – امْـرِئٌ – اسْــمٌ

  1. Ditengah kalimat/bacaan

Apabila ada hamzah washal berada tengah kalimat atau bacaan maka cara bacanya seperti halnya alif namun tidak menjadikannya bacaan mad. Contoh:  وَامْـرَأتُهُ – مِنَ الْمَلَائِكَةِ – فَانْصُرْ Apabila hamzah washal terletak setelah alif lam maka hamzahnya tetap berharakat. Contoh          :         اَلْاِسْمُ – اَلْاِسْتِغْفَارُ – اَلْاِجْتِمَاعُ

Kaidah no. 1 dikecualikan pada kata (بِئْسَ الْاِسْمُ) pada Al-Hujurat: 11. Pada kata tersebut berlaku naql dalam bacaan riwayat Hafsh. Naql adalah memindahkan harakat hamzah kepada huruf sebelumnya. Maka pada kata tersebut cara bacanya “bi’sa lismu” bukan “bi’sal ismu”. Berikut ayatnya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَومٌ مِّن قَوْمٍ عَسَى أَن يَكُونُوا خَيْراً مِّنْهُمْ وَلَا نِسَاء مِّن نِّسَاء عَسَى أَن يَكُنَّ خَيْراً مِّنْهُنَّ وَلَا تَلْمِزُوا أَنفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ بِئْسَ الاِسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ وَمَن لَّمْ يَتُبْ فَأُوْلَئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ١١Khusus kata  (ائْتُوْنِيْ)  pada Al-Alqaf: 4 ketika washal dibaca seperti pada tulisannya. Adapun apabila memulai bacaan dari kata tersebut maka menjadi   (اِيْتُوْنِيْ).  Berikut ayatnya:

قُلْ أَرَأَيْتُم مَّا تَدْعُونَ مِن دُونِ اللَّهِ أَرُونِي مَاذَا خَلَقُوا مِنَ الْأَرْضِ أَمْ لَهُمْ شِرْكٌ فِي السَّمَاوَاتِ ائْتُوْنِيْ بِكِتَابٍ مِّن قَبْلِ هَذَا أَوْ أَثَارَةٍ مِّنْ عِلْمٍ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ-

Kaidah hamzah washal

1. Terdapat di awal beberapa isim yang telah disebutkan di atas, contohnya: ibnun, ibnatun, imra-atun, dllnya.

 

2. Terdapat diawal fi’il amr (fi’il madhinya terdiri dari tiga huruf) contoh:

 

 اُكْتُبْ   = uktub = tulislah!
اِسْمَعْ   = isma’ = dengarlah!
اُدْرُسْ
  = udrus = belajarlah!

 

3. Terdapat di awal fi’il madhi yang terdiri dari lima huruf, contoh:

اِحْتَرَمَ  =  ihtarama = menghormati ; memuliakan ; menghargai
اِنْطَلَقَ
=  inthalaqa  =  pergi;  berangkat

4. Terdapat di awal fi’il madhi yang terdiri dari enam huruf, contoh:

  اِسْتَخْدَمَ = istakhdama = mempekerjakan
اِسْتَسْلَمَ   =   istaslama   =  menyerah.

5. Terdapat di awal huruf (Alif Lam) ta’rif, yaitu al (ال ) Cara membaca hamzah washal pada kata  ائۡتُونِی     [Surat Al-Ahqaf: 4]

Karena kata tersebut masuk jenis fiil maka lihat harakat huruf ke tiganya.  Asal katanya  ائْتِيُوْنِيي

Karena berat disebabkan adanya huruf illah maka mengalami penghilangan huruf ya' dan pengalihan harakat ya' ke huruf ta' , maka menjadi    ائْتُوْنِي

Hamzah washalnya diharakati kasrah karena huruf ketiga asalnya berharakat kasrah.    اِئْتُوْنِي

Selanjutnya mengalami ibdal menjadi mad badal sehingga dibaca   اِيْتُوْنِي

1. Wazannya tsulatsi mujarrod naqish

فَعَلَ يَفْعِلُ     أَتَى يَأْتِي إِتْيَانًا

Fi'il amrnya   اِئْتِ

Untuk dhamir antum menjadi    اِئْتُو  sedangkan akhiran نِي maf'ul bih dhomir  أَنَا  berupa ya' mutakallim menggunakan tambahan nun wiqayah, inilah yang disebut nun wiqayah sebenarnya, sedangkan pembahasan nun wiqayah misalnya pada kata يَوْمَئِذٍ الْمَسَاقُ sejatinya bukan nun wiqayah tapi nun tanwin sehingga menurut beberapa pengajar tahsin lebih cocok nya disebut iltiqous sakinain.

2. kata yang sama ada di surat Fusshilat ayat 11  ائْتِيَا

    Fiil Amar dengan dhomir أَنْتُمَا

 Demikian pembahasan semoga bermanfaat.

 

BACAAN GHARIB & MUSYKILAT (Iltiqa' Sakinain VS Naql)

      Iltiqa’ Sakinain   VS   Naql ( النَّقْلُ ) Naql berasal dari akar kata ( نَقَلَ ) yang artinya memindah. Sedangkan menurut istil...